Rabu, 23 April 2008

ujian akhir nasional

genderang perang itu sudah ditabuh, pelaksanaan ujian akhir nasional bagi adik-adik kita akhirnya dimulai. pintu gerbang terakhir menuju tingkat pendidikan yang lebih tinggi. apakah fenomena kegagalan adik-adik kita yang tidak lulus uan itu akan terulang lagi? semoga tidak. walaupun, pemerintah mengubah kembali standar kelulusan bagi para peserta uan dan menambah jumlah mata pelajaran yang akan diujikan.

sistem pendidikan sudah banyak berubah, dulu angkatanku masih tenang-tenang saja saat akan menghadapi ujian akhir nasional (tidak setegang sekarang maksudnya) karena hampir pasti semua akan lulus, asal ga keterlaluan banged. sedangkan di kurikulum saat ini? belum tentu, bos!!!

dengan sistem seperti sekarang ini, memang para siswa dituntut untuk belajar semakin keras, sehingga pada akhirnya diharapkan lulusan dari sekolah-sekolah itu "dianggap" akan semakin berkualitas. tapi apakah dengan parameter seperti menaikkan standar kelulusan, menambah jumlah mata pelajaran yang diujikan, bisa menjamin kualitas lulusan sekolah-sekolah yang ada? yang terdengar justru bertambah maraknya percaloan jawaban ujian, membobol soal ujian, dsb.

memprihatinkan, memang. akan tetapi, perubahan sedang diperjuangkan, semoga pendidikan di negara tercinta ini bisa lebih baik lagi. dibutuhkan partisipasi semua pihak untuk memperbaiki kualitas pendidikan di negara kita ini. mulai dari pihak pemerintah melalui departemen pendidikan, pihak sekolah, keluarga, masyarakat diperlukan untuk bersama memperbaikinya. salah satu faktor penting adalah keterbukaan dan keinginan (itikad) baik untuk memajukan bangsa ini melalui pendidikannya.

sekali lagi,
selamat berjuang untuk adik-adik yang mengikuti UAN!!!

Tidak ada komentar: