Kamis, 17 April 2008

Perubahan

beberapa hari yang lalu bertemu dengan seorang sahabat, dan saat itu saya dan dia banyak diskusi dan ngobrol-ngobrol santai.
dimulai dari ngobrol2 kuliah hingga tukar ilmu&pengalaman.

diskusi mulai menarik saat membahas satu kata, Change...
karena saat ini saya sedang menyelesaikan membaca buku yang sangat luar biasa yaitu, Re-Code DNA dari Rhenald Kasali, jadi saya ngobrolin itu sama dia.

satu hal yang pasti, yaitu perubahan.
kalimat itu jika direnungkan akan sangat besar dampak dan efeknya, dan dalam bukunya pak Rhenald Kasali menjelaskan kalau perubahan itu menuntut lima (5) hal sekaligus, yaitu
  1. vision;
  2. skills (keterampilan);
  3. insentif;
  4. resources (sumberdaya); dan
  5. action plan (rencana tindak).
jika salah satu itu tidak atau belum ada pada diri sendiri atau organisasi, maka akan tersendat perjalanannya. pak RK menjelaskan, jika tidak ada visi maka akan terjadi kekacauan, jika tidak ada skills maka akan terjadi kecemasan, jika tidak ada insentif akan terjadi penolakan, jika tidak ada resources akan terjadi frustrasi, dan jika tidak ada action plan maka akan terjadi kegagalan.

dan teman saya juga sharing pengalaman,
dia bertemu seorang yang sangat kaya di jakarta, punya perusahaan besar, pabrik besar, dsb.
tapi yang keren, dia sangat rendah hati, sangat dekat dengan karyawannya, sehingga karyawannya pun sangat dekat dan kinerjanya juga sangat luar biasa. pesan beliau, kalau ingin karyawanmu kerja dengan baik, berikan apa yang mereka butuhkan, dan jangan khawatir dengan kinerja mereka.

"they follow u because they want to" bukan "they follow u because they have to"
satu pelajaran lagi yang bisa dipetik dari buku pak Rhenald Kasali ini, dan langsung ada contoh konkritnya.
Mantabh...!!!

Tidak ada komentar: