Jumat, 02 Mei 2008

Hari Pendidikan Nasional

hari ini, setiap 2 mei, diperingati oleh Bangsa Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. kita memperingati perjuangan tokoh pendidikan kita, Ki Hajar Dewantara agar anak bangsa bisa menikmati pendidikan yang setara dengan bangsa asing waktu itu.









dengan semboyannya yang terkenal :

  • ing ngarso sung tulodo
  • ing madyo mangun karso
  • tut wuri handayani
yang berarti peran para guru bagi murid-muridnya, yaitu memberikan teladan yang baik bagi murid-muridnya (ing ngarso sung tulodo), memberikan semangat bagi murid-muridnya untuk terus berprestasi (ing madyo mangun karso), dan mendorong dari belakang ketika murid-murid perlu dukungan (tut wuri handayani).
pahlawan tanpa tanda jasa, suatu sebutan bagi para guru kita, yang terus berjuang agar murid-muridnya mencapai prestasi tertinggi. jika mendengar bahwa murid-muridnya berhasil, maka seorang guru akan merasa sangat bahagia. bapak dan ibu guru memang orang tua kita di sekolah, yang harus kita sayangi dan hormati, karena tanpabimbingan dan kerja keras dari bapak dan ibu guru, tidak akan muncul orang-orang pintar di negeri ini maupun di seluruh dunia.
akan tetapi, kondisi yang ada saat ini sungguh memprihatinkan, dari artikel guru honorer yang saya dapat dan sewaktu nonton berita di TV, sungguh ironis dan memprihatinkan kondisi para guru honorer tersebut. di satu sisi mereka berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa ini,tetapi di sisi lain nasib mereka tidak dihargai dengan baik oleh pemerintah negeri ini.

guru-guruku, tetaplah berjuang,
kami, muridmu mendoakan yang terbaik bagimu
hanya Allah yang Maha Adil
hanya Allah yang bisa membalas segala perjuangan bapak dan ibu guru sekalian

selamat hari pendidikan nasional
hidup guru!!!

Tidak ada komentar: